Faktor yang Menyebabkan Mahasiswa Merasa Salah Jurusan

Fenomena salah jurusan memang seringkali dialami oleh banyak mahasiswa. Kebanyakan para mahasiswa merasa mereka salah jurusan ketika telah berada di pertengahan semester atau bahkan ketika mereka telah berada di akhir semester.

Oleh sebab itu, selain memilih kampus terbaik di Medan Anda pun juga perlu untuk mengetahui jurusan apa yang benar-benar tepat untuk digeluti nantinya. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa faktor mengapa mahasiswa merasa dirinya salah jurusan. Dan untuk anda yang penasaran, maka anda dapat menyimak ulasan di bawah ini !

Faktor Apa Saja yang Menyebabkan Mahasiswa Merasa Salah Jurusan ?

 

  1. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Faktor pertama yang  perlu anda ketahui mengapa Anda salah memilih jurusan yaitu dikarenakan tidak adanya tujuan jelas. Karena itu, penting untuk memperhatikan tujuan dalam jangka panjang. Sebagian besar mahasiswa lebih berfokus agar bisa diterima di sebuah kampus, dimana hal ini merupakan sesuatu yang salah.

Memikirkan mengenai universitas terbaik di Medan memang merupakan sesuatu yang perlu untuk dilakukan, tapi yang tak kalah penting lagi adalah memilih jurusannya. Oleh karena itu, sebelum nantinya Anda berada dalam tahapan tersebut. Maka pertimbangkan lebih dahulu jurusan mana nantinya yang ingin Anda pilih. Dan pastikan juga bahwa hal itu sesuai dengan minat dan bakat Anda.

  1. Tidak Adanya Komunikasi

Faktor berikutnya mengapa seorang mahasiswa akhirnya merasa mereka telah salah mengambil jurusan yaitu dikarenakan tidak adanya komunikasi. Komunikasi memang merupakan salah satu yang kerap dialami oleh para calon mahasiswa ketika mereka hendak mengambil jurusan.

Sebagian besar mereka hanya sekedar menuruti kehendak dari orang tua saja. Karena itu, tidak jarang dari para mahasiswa mengorbankan impian ataupun minat pribadi mereka demi menyenangkan orang tua.

Sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang wajar saja. Namun jika Anda menjalani sesuatu secara terpaksa dari awal maka pada akhirnya akan berdampak pada semangat belajar Anda di jurusan tersebut. Maka dari itu, penting untuk mengkomunikasikan mengenai masalah minat dan impian Anda pada orang tua sebelum akhirnya memilih jurusan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *