Pengertian Masyarakat Demak Terhadap Nikah Siri 

Nikah Siri Demak

Nikah menurut bahasa merupakan bergabung bersenggama (wat}’u). Tengah menurut istilah ialah satu persetujuan atau janji yang menghalalkan persetubuhan di antara lelaki dan wanita yang disampaikan oleh ujaran nikah atau yang perlihatkan makna nikah.

Kata zawaj pada mula pemanfaatannya berartikan pasangan, walau demikian makna yang diartikan dalam al-Qur’an ialah perkahwinan. Allah swt. jadikan manusia berpasangpasangan, menghalalkan perkahwinan dan mengharamkan zina. 

Nikah menurut syariat selainnya diasumsikan menjadi janji pula diasumsikan selaku jalinan tubuh dan itu cuman metafora saja.

Kata siri asal dari bahasa Arab adalah sirri> yang ini berarti rahasia.8 Akan tetapi kalau

dikombinasikan di antara kata nikah serta kata siri karena itu bisa diasumsikan secara bahasa dengan nikah sembunyi-sembunyi yang dirahasiakan yaitu tidak diperlihatkan.

Nikah Siri menurut terminologi, banyak ulama menerangkan dengan 3 pemahaman yang berbeda. Berikut perinciannya :

Pernikahan tanpa ada dicatat oleh Kantor Soal Agama (KUA)

Nikah Siri yakni, pernikahan yang sudah dilakukan oleh sepasang pacar tidak adanya pernyataan (dibuat) di Kantor Soal Agama (KUA), tapi pernikahan ini telah penuhi beberapa unsur pernikahan dalam Islam, yang mencakup dua mempelai, 2 orang saksi, wali, ijab-kabul serta mas kawin.

nikah siri ini hukumnya resmi berdasar agama, tapi tidak resmi menurut hukum positif (hukum negara) dengan meremehkan sejumlah atau aturan-aturan hukum positif yang berlangsung,

seperti yang sudah diterangkan dalam Undang-Undang Perkawinan No. 1 Tahun 1974

mengenai Perkawinan, Pasal 2 kalau tiap-tiap perkawinan dicatat dengan resmi di Kantor

Pekerjaan Agama (KUA). 

Sedang institusi yang bisa melakukan perkawinan yakni Kantor Soal Agama (KUA) untuk yang memeluk agama islam dan Kantor Catatan Sipil (KCS) buat yang beragama Non Islam.

 

Cara Nikah Siri

 

Nikah siri disebut sesuai sama syariat Islam, akan tetapi hukumnya jadi haram seandainya menghadirkan mudharat atau rugi pada salah satunya faksi.

Apabila kamu memutuskan untuk melaksanakan pernikahan siri, cermati syarat di bawah ini biar pernikahanmu syah sesuai sama syarat dan rukun nikah dalam Islam.

Ke-2  calon mempelai memeluk agama islam atau mau masuk Islam, mengucapkan syahadat saat sebelum menikah (dapat dikasihkan surat info masuk Islam).

Apabila calon mempelai wanita dengan status janda, mesti memberikan surat pisah dan udah melalui periode idah. 

Namun kalau tidak dapat perlihatkan surat pisah gara-gara ditinggalkan mati oleh suami, wali hakim dapat memohon pernyataan lisan dari calon mempelai wanita dapat posisinya. 

Pernyataan lisan ini memiliki sifat mengikat, ditonton oleh beberapa saksi dan calon mempelai pria, dan jadi tanggung-jawab dari calon mempelai wanita atas kebenarannya.

Calon mempelai pria belum miliki 4 istri, udah punya pendapatan, berumur sekurang-kurangnya 26 tahun.

Ke-2  calon mempelai dapat memperlihatkan kartu identitas masih berlaku (KTP/Paspor) dan dengan poto yang pasti saat sebelum ijab qobul buat pastikan kalau pasangan yang bakal dinikahkan merupakan betul sesuai sama identitas yang dtunjukkan.

Bawa serta perlihatkan mahar/serah-serahan yang dikasihkan saat ijab qobul.

Spesial buat wanita yang hendak dinikahi siri untuk jadikan istri ke-2 , ke-3  atau ke-4, minta mahar yang sama dengan kepentinganmu. 

Tidak boleh semata-mata menyerah diri buat dinikahi tapi pikir pun variabel penyokong hidupmu untuk jamin kelancaran, ketenangan dan keberlangsungan beribadah.

Kalau kriteria di atas udah disanggupi, kamu pun butuh mencermati apa yang bikin nikah siri tidak syah, antara lain kalau tak ada wali lelaki dan 2 orang saksi laki-laki yang adil. 

Biarpun sekadar nikah siri, wali nikah mesti mempunyai enam syarat seperti berikut:  beragama islam, telah akil baligh, miliki pembawaan merdeka dan bukan hamba sahaya, baik lelaki dengan karakternya yang adil. 

Penting dipahami kalau saksi dalam sebuah pernikahan ialah rukun niah yang wajib dipernuhi saat proses janji nikah . Maka hadirnya seorang saksi dalam penerapan ikrar nikah merupakan hal yang mutlak dibutuhkan. Apabila tidak ada saksi, jadi pernikahan dikira tidak syah, sekalinya itu cuman nikah siri.

 

Nikah siri banyak memang berlangsung di Indonesia. Seperti udah rutinitas lantaran tersedianya keadaan dan situasi menekan si calon pengantin.

Saat sebelum memtuskan memutuskan pernikahan siri, kamu penting ketahui apa kekurangan serta kelebihan bila kamu lakukan nikah siri.

Kelebihan nikah siri salah satunya : Syah di mata Agama, Menghindar fitnah, Lebih ringkas, Irit, 

Kekurangan nikah siri salah satunya : Jadi pembicaraan banyak orang-orang, Posisi anak yang tidak dianggap negara bahka dipandang sebagai anak yang terlahir di luar nikah, Ikatan yang tak kuat sebab tak tertera sah di KUA, Tidak dapat terima peninggalan atau harga gono begini

Itu ia 3 hal yang harus kamu simak dan pikir dengan masak saat sebelum betul-betul mau melaksanakan pernikahan siri. Lihat syarat nikah siri, kelebihan, dan kekurangan yang bisa kamu temui kelak, ya.

 

Syarat Nikah Siri

 

Nikah siri kebanyakan dikerjakan oleh beberapa orang yang memeluk agama islam. Nach, dalam hukum Islam, pernikahan bakal syah kalau tercukupi 5 rukun nikahnya. 

Rukun nikah yang diterangkan yaitu terdapatnya calon suami, calon istri, wali nikah dari calon mempelai wanita, dua orang saksi nikah, dan berjalannya ijab kabul. 

Lewat kata lain, rukun nikah jadi syarat syahnya sebuah pernikahan. Kecuali rukun nikah, syarat nikah siri harus dipenuhinya oleh ke-2  calon mempelai :

  1. Memeluk agama islam
  2. Bertipical kelamin laki laki dan bukan transgender
  3. Gak lakukan nikah siri dalam tuntutan
  4. Gak punyai empat orang istri
  5. Calon istri yang bisa dinikahi bukan mahramnya
  6. Pernikahan dijalankan tidak dalam saat ihram atau umrah

 

Hukum Nikah Siri

 

Saat sebelum mengenal hukum nikah siri menurut Islam, semestinya dimengerti dahulu pemahaman nikah siri tersebut berdasar sebagian ulama. 

Makna nikah siri sendiri berasal dari perkataan Umar bin Khattab saat mengerti ada pernikahan tiada didatangi saksi, akan tetapi cuma seseorang wanita dan pria. 

 

Pada suatu sejarah masyhur, ketika itu, Umar bercakap, “Ini nikah siri, saya tidak membolehkannya, dan semisal  saya mengetahui terlebih dulu, karenanya tentu akan saya rajam.” 

Sejak mulai ketika itu, ulama-ulama besar seperti Abu Hanifah, Malik, dan Syafi’i mendeskripsikan nikah siri selaku pernikahan tanpa saksi dan jangan dilaksanakan. 

Lalu, dalam perubahannya, biarpun mendatangkan saksi di mana saksi itu disuruh biar rahasiakan pernikahan itu, Imam Malik berasumsi jika hukumnya tidak bisa. Masalah ini sebab syarat mutlak syahnya pernikahan menurut Islam yaitu terdapatnya informasi (i’lan).

Walau demikian, Abu Hanifah, Syafi’i, dan Ibnu Mundzir tidak serupa masukan dengan Imam Malik. Menurutnya, kalau udah ada saksi, karenanya syarat pernikahan udah tercukupi. Karena, peran saksi adalah i’lan tersebut . Sehingga, walau dirahasiakan, pernikahan terus resmi karena sudah ditonton oleh wali/saksi.

Disebutkan juga kalau nikah siri dalam Islam berkenaan dengan guna saksi, yaitu buat menginformasikan terhadap orang jika berlangsung pernikahan. Jumlah saksi sekurang-kurangnya yakni satu atau 2 orang lelaki dan 2 orang wanita. 

Di dalam perihal ini, diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda, “Pelacur merupakan wanita yang menggabungkan dianya sendiri tanpa ada (ada) bukti.” (HR. Tirmidzi)

Dalam orang Indonesia, nikah siri lebih diketahui dengan pengertian pernikahan yang resmi berdasarkan agama, tetapi tak syah menurut Undang-undang. 

Ringkasannya, nikah siri dengan pengertian itu hukumnya bisa, karena syah secara agama karena ada saksi dan diinformasikan. 

 

Contoh Surat Nikah Siri

 

Pasalnya pasangan yang memilih untuk menikah secara agama saja atau umumnya diketahui dengan menikah siri dapat rasakan sedikit kepelikan dalam hadapi sejumlah kasus yang berhubungan dengan administrasi kependudukan itu.  

Salah satunya alternative yang dapat anda untuk jadi Jalan keluar kasus itu yaitu dengan bikin surat pengakuan nikah siri.

Surat info nikah siri ini miliki kegunaan serta kegunaan sebagai alat otoritas dari pernikahan yanng anda kerjakan. 

Maka pernikahan itu bisa dirasa oleh negara sebagai satu diantara pernikahan yang resmi.Berikut cara membikin surat peryataan nikah siri yang bisa dipakai buat mengurus beraneka administrasi kependudukan.

 

Cara membuat Surat Pengakuan Nikah Siri

 

ada sejumlah bagian unsur yang penting anda ikutkan di surat info nikah siri Demak. Anda pun harus pastikan pernikahan siri yang anda melakukan sudah ikuti seluruhnya rukun menikah dalam islam. 

Masalah ini paling penting buat anda kerjakan manfaat menegaskan pernikahan siri yang anda laksanakan telah syah sama sesuai syariat agama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *